3 thn lalu gue program buat dapat baby boy. Mengingat umur dan juga emang sejarah sulit hamil, gue n hubby kejar setoran. Jadilah kita bolak balik ke SPOG di PIK untuk cek n treatment. Bayangin deh yah. Gue tinggal di Serpong, kerja di Sunter, suami kerja di Thamrin, terus konsultasinya ke PIK. N konsultasinya selalu after office hour. Gimana kurang niat tuh kita, seantero Jakarta di-kiderin demi baby boy itu.

Nah, pas di awal2 program itu, gue ketemu sama teman SMP gue yg jadi SPOG. Kebetulan dia prakteknya di Serpong. Lha, entah gimana teman gue ini tahu gue lagi program. Jadi pas ketemu itu, dia bilang “Uih.. sombong luh, kagak mau konsul sama tmn sndr”. Gue sih nyengir2 aja.. Buset dah.. Gak kebayang tuh, gimana rasanya ‘di-obok2’ sama tmn sndr. Maluuu abis dong.
Suami gue yg pas ketemuan itu baru tau gue punya tmn dr kandungan, malah ‘nodong’ gue jg.
R : “Tuh kamu punya tmn dokter kandungan yg dekat Serpong, ngapain kudu ke PIK sih?”
L : “Yah, malu lah”
R : “Malu kenapa? Lah, ke dr. Yani kagak pake malu?”
L : Yah, dia kan aku gak kenal.
R : “Yah elah.. sama aja kali. Dokter kayak gitu mah udah kagak liat2 n mikir apa2 lagi.. Jadi sama aja.. gak usah pake malu”
L :”Ah…. pokoknya kagak deh.. Kalo di dunia cuma dia 1-1nya dokter kandungan, baru deh aku jabanin ke dia”

Hehhhehe… payah ah.. cowok tuh kagak ngarti apa. Kalo kita tuh benernya risihhhh bgt disuruh ‘buka-bukaan’ kayak gitu. Jd kagak perlu ditambah2in dgn faktor ketidaknyamanan lain deh..

Jadinya, tawaran tmn gue itu gak prnh gue gubris. Jadilah gue tetap bolak balik ke dr. Yani di PIK, smp smpt insem 3x n ketika akhirnya gak berhail, akhirnya sesuai dgn kesepakatan dgn Rudy, kita stop treatment.

Yah, emang waktu treatment gue jg nggak ngoyo gimana sih, tp sometimes liat Rudy yg demen pisan sama anak cowok, smp2 keponakan cowok gue sering dibawa pulang nginap, kdg kasihan juga.

Tapi kita berencana kan Tuhan yg nentuin. Gue percaya kalo kita gak dikasih kepercayaan utk punya baby boy, yah krn itu yg terbaik buat gue n Rudy.

Di saat kita udah anteng2 ngelupain tuh program, eh, bisa2nya ketemu lagi si teman SPOG gue itu. N mgkn krn ‘dendam’ krn tawarannya gue cuekin🙂, kmrn pas ketemu itu, gue di-sindir n di-interview : “gimana, baby boy elo udah umur brp?”.
Yah, gue sih jwb aja apa adanya.. “he..he.. programnya gak berhasil. udah 3x insem gagal terus. udah ah.. gue berenti. ngalah sama umur lah”
Eh.. gak puas tuh dia. Malah ditantang gue : “Sini gue yg handle. Buat elo mah, gratis dah ongkos konsultasinya. Itung2 nolongin teman. Elo byr kalo ada treatment aja”
Haha….gue sih senyum2 aja.. “Ah.. nggak lah. Dah ketuaan”. Dia masih ngotot “Mana ada sih zmn skrg pake tua2 gitu, tp yah kudu buruan.. kalo ntar-sok-ntar-sok, yah jadi tambah telat.”
Gue yg sbnrnya risih krn faktor temannya itu, cuma mesem2 aja. Eh.. bisa2nya suami gue yg ngejawab. “Dokter ada praktek hari Sabtu gak? Jam berapa? Ada praktek di rumah gak?….” Uihhhh, nafsu pisan dia🙂

Sambil gue geli liat Rudy yg nafsu gitu, terus terang gue sedih juga. Ternyata jauh di dalam lubuk hatinya, kepasrahan kami itu tidak memadamkan niat Rudy utk punya baby boy.

Jadi… udah berapa hari ini doa gue hanya berisi pertanyaan ke Tuhan…
– Apa gue hrs mulai program lagi?
– Apa rencana Tuhan utk hidup keluarga kami?
– Apa emang teman gue itu yg akan jadi kepanjangan Tuhan utk membantu kami?

Smp saat ini gue merasa belum mendpt jawaban. Dulu gue diajarin sama pendeta gue (dulu gue Kristen), bhw kalo kita mau tahu bhw sesuatu itu jawaban dr Tuhan ato bukan, harus diuji dari ‘buah2’nya. Artinya, apakah hasil dari jawaban itu mendatangkan damai dan sukacita. Tp skrg ini kok gue merasa resah banget. Apapun alternatif yg nyangkut di kepala gue, belum bkn gue damai.

Gue sih senang2 aja punya baby. Dulu2 jg gak pernah smp merasa kerepotan ato beban gimana waktu ngurusin baby. Gue jg demennnn bgt liat baby2… Apalagi skrg di blog parade baby lagi rame2nya.. Tmbh kangen🙂

Tp mikirnya kalo skrg program lagi (dgn siapapun dokternya), terus terang gue gak siap dgn faktor umur. Mau cuek2 aja, ada keinginan kuat dalam hati gue utk nyenangin Rudy. Apa lagi yg paling menyenangkan hati kita kalo bukan liat org yg paling kita sayangi bahagia? So…. ???? Pls sarannya yah🙂